Akan selalu ada harga yang harus dibayar …

Ya, karena tidak ada makan siang gratis di dunia ini. Segala sesuatu pasti ada harganya, termasuk keputusan yang kita ambil terhadap suatu masalah, itu juga ada harganya. Penyesalan pasti datang di belakang, bukan untuk diratapi tapi untuk bahan kita belajar, tentang hidup, tentang cinta, tentang keluarga.

Banyak sekali kejadian dalam hidup kita yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran untuk menjalani hari esok yang lebih baik, semua kejadian itu pasti ada hikmahnya. mungkin kita sempat keliru atau membuat keputusan yang salah di waktu yang lalu, tapi tetaplah yakin bahwa akan ada pelajaran yang bisa kita ambil dari semua itu. Saat penyesalan itu datang, belajarlah menerima bahwa Anda memang keliru dan memutuskan satu hal yang salah, jadi bersabar saja. meminta maaf mungkin langkah awal yang baik untuk belajar.

Sama, saya juga seringkali membuat keputusan yang salah, entah karena pemikiran saya yang sempit atau karena emosi dan ego saya yang berlebihan, tapi yang jelas saya juga melakukan banyak sekali kesalahan dan saya berusaha untuk belajar dari semua itu, saya belajar menerima dan membayar harga dari kesalahan-kesalahan saya tersebut. mudah-mudahan bisa menjadikan saya menjadi seseorang yang lebih baik di masa datang, untuk diri saya sendiri, untuk keluarga dan untuk anak-anak saya.

karena segala sesuatu pasti ada harganya bukan berarti harus membuat kita takut memutuskan segala sesuatu, kita memang harus terus bertindak, terus memutuskan, terus menjalani hidup, tapi paling tidak hari ini kita sudah bisa belajar dari apa yang pernah kita putuskan di waktu yang lalu dan hari ini kita sudah menjadi lebih dewasa dari hari yang lalu, bukan hanya dewasa secara usia tapi juga dewasa secara kepribadian dan mental.

Dalam hidup banyak orang yang datang dan pergi,
ada yang sayang ada yang benci
itulah hidup, kita hanya bisa menikmati,
bersabar hati

karena akan selalu ada harga yang harus dibayar …

Leave a Reply

