uang … oh uang …

Siapa yang tidak butuh uang dalam hidup ini, semua membutuhkan uang. Bahkan tidak jarang, uang jauh lebih bisa berbicara daripada mulut kita. begitu pentingnya uang, sampai ada di antara kita yang menilai semua berdasarkan nilai uangnya. Dan sekarang saya sedang ingin menulis tentang uang, uang bagi saya, dan uang di kehidupan saya.
Saya bersyukur bahwa saya dididik oleh kedua orang tua saya tidak dengan uang, tapi dengan cinta, kasih sayang dan air mata yang menjadikan saya memilih untuk menomor sekiankan uang dibanding dengan keluarga dan orang-orang yang saya cintai. Munafik sekali kedengarannya tapi iya saya berusaha, jadi andai saja anda tidak setuju, saya juga tidak akan menyalahkan anda, saya menghargai anda.
Dulu saya bisa dengan mudahnya mendapatkan uang, dan uang juga yang telah menjauhkan saya dari keluarga saya dan membuat saya menjadi seperti ini, bukan salah uang nya, tapi saya yang tidak mampu mengelola uang mungkin, jadi saya menjadi tidak benar kalo saya menyalahkan uang, saya yang salah karena tidak terlalu pintar mengelolanya sehingga menjadikan saya jauh dengan keluarga, uang yang sudah sempat lebih memikat saya ketimbang dengan keluarga saya, saya salah iya, saya juga manusia biasa, jauh dari sempurna tapi paling tidak dengan kejadian itu saya menjadi belajar, mendapatkan pelajaran yang sangat berharga, bahwa uang tidak akan pernah bisa membeli cinta, dan keluarga dalam beberapa kasus.
Mungkin uang bisa membuat kita membahagiakan keluarga, tapi menurut saya uang bukan satu-satunya yang bisa membahagiakan keluarga, lebih kepada rasa sayang dan peduli kita terhadap keluarga. Kedengarannya membingungkan, ya begitulah saya sendiri juga kadang bingung mendefinisikannya tapi yang saya rasakan sekarang, saya akan dengan senang berikan semua uang saya andai saja itu kedua orang tua saya yang meminta, meskipun saya harus puasa dan bekerja keras kembali tapi itu tidak masalah untuk saya, saya terbiasa dengan itu, dengan kekurangan, dulu juga saya berangkat dari orang dengan kehidupan yang biasa-biasa saja, bahkan cenderung kurang.
Jadi saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan uang, tapi saya tidak akan menjadikan uang sebagai ukuran kebahagiaan saya dan orang-orang yang saya cintai. Saya mendapatkan banyak uang dan saya ingin menggunakannya untuk bisa membahagiakan orang-orang yang saya cintai.
Uang penting, sangat penting tapi bukan berarti uang harus mengalahkan rasa sayang dan cinta kita kepada orang tua, jangan sampai deh. karena saat orang tua kita tiada nanti, uang tidak bisa mengembalikan mereka hidup kembali.
Uang penting, sangat penting tapi bukan berarti Anda harus menilai semua hal dan semua orang dari nilai uangnya, karena saat mereka tidak memiliki nilai uang lagi, anda akan kecewa dan meninggalkannya, bukan dengan cara seperti itu seharusnya.
Uang penting, sangat penting bahkan demi kesembuhan orang yang kita sayangi, kita akan keluarkan semua yang kita punya asal bisa membuat orang yang kita sayangi sembuh dan tersenyum kembali.
Uang penting, sangat penting saat senyuman lebar anak-anak kita terkembang dengan mainan favorit mereka yang kita beli dengan uang.

Tapi jangan sampai uang menjadikan kita lupa bahwa uang hanya salah satu sarana, terkadang rasa bahagia yang hadir dengan sesederhana kata ‘aku sayang sama papah mamah’ itu tidak akan pernah bisa dibeli dengan uang.

that’s it !

Leave a Reply

