it’s about design

Ini post pertama saya tentang programming, mungkin hanya post singkat dan dangkal tapi mudah-mudahan bermanfaat. Niatnya berbagi ilmu, berbagi apa yang saya tahu tentang pemrograman, dari apa yang selama ini saya pernah pelajarai dan saya lakukan.
Bagi programmer, membuat program mungkin sudah menjadi gairah tersendiri. Membuat program merupakan satu kegiatan yang bisa membuat lupa waktu, lupa makan, lupa istri hehehe … maaf bercanda. Intinya, bagi programmer, membuat program / coding itu menghadirkan kebahagiaan tersendiri.
Tapi tidak jarang pula, membuat program / coding menjadikan programmer pusing tujuh keliling atau harus bekerja dua kali. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah design atau rancangan dari program itu sendiri. Saat kita membuat design atau rancangan program, ada baiknya kita mempertimbangkan kemungkinan program tersebut akan berkembang menjadi aplikasi yang lebih besar dan lebih kompleks, sehingga pada saat aplikasi tersebut benar-benar berkembang, rancangan arsitekturnya sudah siap, sehingga tidak diperlukan perombakan secara total terharap aplikasi.
Saya biasanya melakukan tahapan design aplikasi ini sampai benar-benar jelas semua harus diperlakukan seperti apa dan bagaimana, setelahnya saya akan melakukan coding atau penulisan programmnya. Untuk saya penulisan program merupakan proses yang tidak begitu rumit, karena itu semua tentang teknik, tentang bagaimana control dalam form harus berlaku dan diperlakukan, jadi jika design atau rancangan aplikasinya sudah jelas maka penulisan program atau coding bisa dikerjakan oleh siapa saja, bukan begitu?
Bagian lain dari pembuatan aplikasi adalah bahasa pemrograman, salah seorang sahabat saya yang juga seorang programmer pernah berkata bahwa bahasa pemrograman itu hanya alat atau tools, satu rancangan aplikasi bisa dibuat dengan menggunakan tools atau bahasa pemrograman apa saja, tergantung dari sang programmer lebih nyaman menggunakan bahasa pemrograman apa atau tuntutan dari client yang menghendaki aplikasi ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman apa. Tapi tetap saja, bahasa pemrograman itu hanya tools. Tentu setiap bahasa pemrograman memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, jadi harus disesuaikan dengan pertimbangan kondisi dan implementasi pemakaian aplikasi nantinya.
Jadi kesimpulannya adalah, pembuatan aplikasi itu adalah tentang design atau tentang rancangan. its about design.
Setelah design atau rancangan dapat diselesaikan dengan baik dan sudah sesuai dengan yang dikehendaki, maka proses selanjutnya adalah penulisan program dengan menggunakan bahasa pemrograman atau tool yang tepat, right tools for the right jobs akan menjadikan proses penulisan program menjadi jauh lebih efektif.

saya akan bahas mengenai perancangan aplikasi dan bahasa pemrograman yang saya gunakan di kesempatan mendatang, stay tuned !

that’s it, it’s about design !

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s