Sahabat sejatiku …

Entah kenapa malam ini saya tidak bisa tidur dengan nyenyak, entah apakah karena saya sudah tidur siang tadi, atau memang karena sudah terlanjur malam, jadi kancilen (istilah orang jawa yang artinya terlanjur tidak bisa tidur), oleh karena itu saya memutuskan untuk membuka kembali laptop dan menulis, mudah-mudahan setelah ini bisa merasa lebih baik dan bisa tidur dengan nyenyak. mudah-mudahan.
Kali ini saya akan menulis tentang sahabat sejati, karena itu yang terlintas di dalam pikiran saya saat saya tidak bisa tidur tadi. Ya, semua orang pasti memiliki sahabat sejati, saya yakin itu. entah itu berwujud orang, binatang, tanaman, bahkan boneka. Apapun bentuk dan wujudnya, kita memiliki sahabat sejati, begitupun saya. Dan ini untuk anda, sahabat sejati saya.

Dear my bestfriend
di sana

aku tau kamu lelah, lelah dan mungkin saja menyerah, menghadapi segala ke-bebal-anku, tapi kamu tetap berusaha untuk tetap berdiri di sana, hanya untuk memastikan aku tahu bahwa kamu tidak pernah pergi, sama sekali tidak pernah pergi dari aku. Meski aku sudah bukan aku yang dulu, dan meski mungkin persahabatan kita juga tidak lagi seperti yang dulu dan tidak akan pernah sama seperti yang dulu, tapi kamu tetap berdiri di sana, untukku.
Aku tau ucapan terima kasih bukanlah yang kamu inginkan dariku, tapi melihat aku menjadi diriku sendirilah yang kamu inginkan selama ini, menjadi aku yang dulu kamu kenal, menjadi aku yang dulu kamu banggakan. Aku tau sekarang mungkin kamu merasa telah kehilangan aku, benar-benar kehilangan aku, benar-benar tidak mengenalku lagi, aku bisa pahami itu, aku berubah, banyak berubah, aku pikir aku orang yang kuat menghadapi ombak gelombang cobaan hidup, tapi ternyata tidak sama sekali, aku kalah, aku tenggelam, dan itu membuatku berubah. Tapi sekali lagi, kamu tetap berdiri di sana, mengulurkan tanganmu untuk meraiku, mengangkatku untuk kemudian menamparku, iya aku bisa pahami itu. aku pantas menerimanya, aku tau kamu menamparku tidak dengan rasa benci, tapi dengan rasa sayang yang telalu besar kepadaku.
Dan sekarang, tidak ada lagi yang bisa aku banggakan kepadamu, tidak ada lagi yang bisa aku berikan untukmu, kecuali bahwa aku ingin tetap menjadi sahabatmu. Aku akan kembali, aku yang dulu kamu kenal, aku yang dulu kamu banggakan, hingga saat itu datang, tolong tetap berdiri di sana untukku, sekali lagi.
Jika kamu merasa begitu lelah akanku, ingat kembali saat dimana kita masih bersama, dengan segala rasa dan keyakinan yang kita punya. Saat dimana kita saling menguatkan, saat dimana kita saling memberi, aku beri kamu 5, kamu beri aku 10. saat dimana kita menangis bersama, saat dimana kita bercerita hingga pagi menjelang. saat dimana kita tidak butuh kata-kata sayang untuk menunjukkan bahwa kita saling menyayangi, saat dimana bahkan kita lebih dekat dan lebih mesra dari sepasang kekasih sekalipun, mudah-mudahan kamu masih bisa mengingat semua itu sebagaimana aku masih bisa mengingatnya seolah itu baru saja terjadi kemaren. tolong tetap berdiri di sana, untukku, sekali lagi.
Aku akan kembali, aku berjanji. aku berjanji kepada diriku sendiri dan kepadamu, aku akan kembali. menjadi aku, sahabatmu yang kamu kenal dulu, sahabatmu yang kamu banggakan dulu. tunggu aku.

akan selalu ada tempat di hatiku untuk kamu, sebagaimana selalu akan ada tempat untuk mug merah mu di rumahku.

let it flow, everything happens for a reason, Jalan Tuhan mungkin berliku tapi tidak akan pernah keliru, dan masih banyak lagi magic words kita. Sekarang, duduk sajalah kamu disana, aku tau kamu lelah berdiri. aku akan datang suatu saat nanti, berpakaian putih dan tersenyum sebagaimana yang pernah kamu impikan dulu, sebagai sahabatmu lagi.

Mudah-mudahan Tuhan selalu memberikan yang terbaik untukmu seperti apa yang telah kamu berikan kepadaku selama ini. Tuhan tidak pernah tidur, dan Tuhan tidak pernah keliru, seperti yang selalu kamu katakan kepadaku.

Dear my best friend, aku sayang dan bangga kepadamu.

sahabat lamamu,
almatin siswanto

Leave a Reply

