(not) a superdad …

zuhdi
zuhdi - zildan

ya, mungkin itu menjadi satu-satunya motivasi yang tersisa untukku sekarang, karena kedua jagoanku itulah aku masih memiliki semangat untuk menjalani hidup, karena mereka butuh aku, dan aku merasakan itu. aku masih bisa merasakan bahwa masih ada yang membutuhkan aku, tidak semua orang menganggapku buruk. senang mengetahui bahwa aku masih memiliki orang-orang itu.

nak, maaf jika selama ini ayah belum bisa menjadi ayah yang baik untuk kalian, ayah belum bisa menemani kalian belajar, bermain, dan ayah belum bisa melihat kalian tumbuh besar dari hari ke hari, tapi ayah berusaha nak, tidak lama lagi ayah akan berada di sisi kalian, menemani kalian dan melihat kedua jagoan ayah tumbuh besar menjadi anak yang baik, yang pintar dan yang sholeh. kalian harus bisa menjadi orang yang berguna dan bisa menjadi jauh lebih baik dari ayah. setuju nak ?

ayah tahu bahwa selama ini kalian rindu sama ayah, selama ini kalian bersabar menunggu ayah pulang. sama nak, ayah juga. saat ayah melihat anak kecil yang digendong oleh ayahnya, ayah ingat sama kalian nak, dan ayah sedih, sesedih-sedihnya, karena ayah tau kalian juga berhak mendapatkan hal yang sama nak. sering ayah menangis sendirian saat ayah harus teringat kepada kalian di malam hari, membayangkan kalian tidur berdua tanpa ada orang tua kalian yang menemani, hati ayah hancur membayangkan itu nak.

mungkin kemaren-kemaren ayah terlalu egois dengan mementingkan kebahagiaan ayah sendiri, tapi sekarang tidak nak. ayah berjanji, ayah akan ada untuk kalian. ayah akan jadi ayah, bunda, teman dan sahabat kalian semampu ayah, sampai suatu saat nanti Tuhan mengirimkan bunda untuk kalian dan ayah, tapi andai itu tidak terjadipun, kalian tidak perlu sedih, karena ayah akan berusaha menjadi bunda kalian.

maafin ayah nak jika kalian harus mengalami masa kecil yang jauh dari sempurna, jika kalian harus menjalani hidup dengan kisah yang berbeda dengan teman-teman kalian, tapi mudah-mudahan kalian suatu saat bisa mengerti nak, bahwa apa yang terjadi saat ini memang yang seharusnya terjadi. mudah-mudahan ayah bisa membuang kesedihan itu di hati kalian, ayah bisa mengisinya dengan kebahagiaan semampu yang ayah bisa.

anakku, mudah-mudahan Tuhan senatiasa memberikan yang terbaik dariNya untuk kalian karena kalian berhak atas itu. tumbuhlah menjadi anak-anak yang pintar dan sholeh, ayah selalu ada di belakang kalian.

nak, maaf sekali lagi jika ayah belum bisa menjadi -superdad- untuk kalian, tapi ayah berusaha dan akan selalu berusaha untuk bisa menjadi ayah yang baik untuk kalian, ayah yang suatu saat bisa kalian banggakan sebagaimana ayah akan selalu bangga kepada kalian.

tunggu sebentar ya nak, ayah akan segera pulang … untuk kalian.