seorang ayah … (papah)

IMG00262-20110811-1634

seorang ayah paling tahu bagaimana membuat anak-anaknya menjadi tenang, dan merasa aman. ayah juga yang akan rela tidak tidur hanya untuk memastikan bahwa anak-anaknya bisa tidur dengan tenang tanpa digigit nyamuk, ayah yang menahan getir dan pahitnya hati saat tidak bisa memenuhi permintaan anaknya. ya … itulah seorang ayah.

sejak dulu aku selalu kagum dengan sosok seorang ayah, ayahku … yang kebetulan aku memanggilnya dengan sebutan papah. ya, papahku yang sudah membesarkan aku dengan keringat dan darahnya. aku ingat betul gimana papah harus kerja dari pagi sampai pagi lagi untuk memastikan bahwa aku dan adek-adekku bisa makan hari itu. keringat dan darah papah juga yang sudah menyekolahkan aku dan adik-adikku sampai kami bisa menikmati pendidikan dengan baik.

dari kedua orang tuaku aku belajar dan diajari, aku dididik degan cinta dan kasih sayang, aku diajari bagaimana mencintai dan menyayangi orang lain, menghargai dan menghormati yang lebih tua dan yang pasti mencintai dan menyayangi sesama saudara. satu hal yang aku patut bangga sampai dengan hari ini adalah, kami anak-anak papah tidak pernah bertengkar atau ribut secara serius apabila ada masalah. adu argumentasi itu biasa, tapi tetap dilandasi atas rasa sayang dan cinta kepada saudara.

dari papah aku belajar bahwa keluarga itu adalah kebahagiaan kita. mungkin kita tidak berlebih harta, tapi kita patut bangga karena kita punya cinta kepada keluarga. dan setelah apa yang terjadi dan aku alami dengan keluarga kecilku, aku berjanji pada diriku sendiri bahwa aku akan membahagiakan keluargaku apapun caranya.

dari papah aku belajar bahwa anak-anak adalah harta yang tak ternilai harganya, yang tak akan pernah bisa ditukar dengan apapun, yang tidak akan pernah terpisahkan dari orang tuanya. dari papah aku belajar bahwa kebahagiaan anak-anak lebih penting dari kebahagiaan orang tua. asalkan bisa melihat anak-anak papah bahagia, papah akan merasa bahagia.

dari papah aku belajar, papah rela tidak makan berhari-hari dan tidak pernah mengeluh asalkan anak-anak dan istrinya bisa makan dan tidak kelaparan. dari papah aku belajar tentang hidup dan tentang kehidupan.

aku bangga akan papah, apapun dan bagaimanapun kondisi papah. karena darah yang mengalir dalam tubuhku ini adalah darahnya papah.

love you papah

#loveMyFamily