kita semua berhak bahagia

happiness

setiap manusia memiliki masalah dan kehidupannya masing-masing, ada yang kisah hidupnya lebih beruntung dari yang lainnya, meski mungkin itu semua hanya menurut apa yang kita lihat dan kita dengar saja, tapi bagaimana sesungguhnya kehidupan orang lain, hanya mereka sendiri dan Tuhannya lah yang tahu. mungkin menurut kita seseorang yang berlimpah harta, memiliki segalanya adalah orang yang paling bahagia di dunia, tapi mungkin saja di dalam dirinya justru terasa kosong, hampa tanpa gairah ataupun bahagia sama sekali, siapa yang tahu?

orang jawa sering menyebutnya dengan ‘wang sinawang’ yang artinya, itu hanya menurut apa yang kita lihat dari luar saja, kenyataan sesungguhnya dari dalam diri adalah pribadi masing-masing yang lebih tahu. sebenarnya itu juga salah satu bukti kebesaran Tuhan, bahwa dia memberikan setiap kita hati, yang dapat menyimpan sedih dan luka sedalam apapun serta dapat merasakan bahagia yang tak terkira. Maha Besar Alloh SWT.

seringkali kita merasa bahwa kita adalah manusia yang paling tidak beruntung di dunia saat ada kejadian atau musibah menimpa kita, kita sering bertanya kenapa ini harus terjadi kepada kita, bukan kepada orang lain? apa maksud dari semua ini? dunia serasa tidak adil, dunia terasa gelap, tidak doyan makan, tidak nyenyak tidur, pikiran melayang entah kemana. ya itu adalah efek psikologis yang kita alami saat kita mengalami hal buruk atau musibah.

hal yang sama dapat terjadi kepada kita saat kita sedang merasakan bahagia atau jatuh cinta, tidak doyan makan juga, tidak nyenyak tidur juga, kita bertanya apakah memang dia jodohku? dunia serasa milik berdua saja, yang lainnya ‘ngontrak’, iya itu juga efek psikologis yang kita alami saat kita merasa bahagia yang teramat sangat.

lalu apa beda dari keduanya? sama-sama tidak bisa tidur? sama-sama tidak doyan makan? bahagia dan sedih ? iya, mungkin itulah bedanya, tapi bukankah itu semua sama-sama rasa? yang hanya bisa dirasakan oleh hati kita? keduanya juga tidak berujud nyata. tapi kenapa efeknya bisa berbeda?

saat kita sedang bersedih? tubuh kita menjadi mudah lemah, mudah sakit, seakan rapuh? tapi saat kita merasa bahagia tubuh kita terasa sehat? bahkan apabila kita sedang menderita sakitpun tidak akan terasa sakit, dan mungkin malah justru bisa sembuh karena kita merasa bahagia.

jadi sebenarnya obat yang paling mujarab di dunia ini adalah bahagia bukan? perasaan bahagia akan menyebuhkan segala penyakit. dan untuk merasakan bahagia, kita hanya membutuhkan sekeping hati, yang pada saat kita lahir, kita sudah dibekali oleh Tuhan kita sekeping hati tersebut. luar biasa bukan?

lalu bagaimana kita bisa merasa bahagia? mungkin cara paling mudah adalah bersyukur, bahwa apa yang kita dapatkan sekarang adalah apa yang memang terbaik untuk kita, tanpa mengurangi semangat untuk bisa mendapatkan yang lebih baik lagi dengan cara yang baik tentunya. saat kita melihat bahwa orang lain lebih bahagia daripada kita, maka saat itu juga kita sudah melupakan kebahagiaan kita sendiri, karena mungkin saja orang lain yang kita lihat begitu bahagia tapi dalam diri mereka tersiksa dan menangis, siapa tau?

jadi, sudahlah … kita semua berhak bahagia, dan kita semua bisa bahagia. bersyukur terhadap apa yang kita miliki sekarang akan membuat kita menjadi lebih tenang dan bahagia, jauh dari sakit hati dan perasaan iri kepada kebahagiaan orang lain.

faktor lain yang mungkin bisa membuat kita bahagia adalah orang-orang yang kita cintai dan yang mencintai kita. karena kita pada dasarnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan tidak dapat hidup sendiri. karena kasih sayang dari orang-orang yang menyayangi kita tersebut kita bisa merasa bahagia, kita bisa merasa beruntung, begitupun sebaliknya saat kita menyayangi mereka, mereka juga dapat merasakan bahagia karena kita. indah bukan?

jadi, tidak ada alasan untuk kita tidak bahagia dong? ya jika memang sedang mendapatkan musibah, boleh koq bersedih, tapi setelah itu kita harus ingat bahwa pasti ada hikmah yang bisa diambil dari semua ini, Tuhan pasti punya rencana di balik semua ini kan? jadi pastikan kita siap dengan rencana indah Tuhan setelah ini.🙂

jika kita masih memiliki orang-orang yang menyayangi kita, maka bersyukurlah untuk mereka. karena anda tidak akan pernah kehabisan stok kebahagiaan. sayangi mereka, tunjukkan agar mereka juga bisa merasakan bahagia seperti yang kita rasakan.

pada saat kita sedang bersedih atau tertimpa musibah, jangan pernah ragu bahwa mereka yang menyayangi kita tidak akan pergi kemana-mana, mereka akan selalu bersama kita, dengan cara mereka. percayalah bahwa anda tidak akan pernah sendirian🙂

ini mungkin tulisan terpanjang saya selama ini, mudah-mudahan bisa menjadi pengingat untuk saya pribadi, menjadi pelajaran untuk saya pribadi dan bermanfaat untuk semua yang membacanya. mudah-mudahan.

#love you mom, dad, brothers and sisters
#love you my children
#love you my honey
#love you my friends
#love you all

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s