dari kisah-kisah itu aku belajar tentang hidup

522834_376076252439895_179697605411095_992818_889522682_n

meski mungkin aku adalah pembelajar yang lambat tapi dari kisah-kisah itu aku berusaha belajar, dengan berkali-kali mengatakan kepada diriku sendiri bahwa Tuhan tidak pernah KELIRU, Tuhan tidak pernah SALAH, dan Tuhan bekerja dengan caraNya sendiri yang terkadang misterius. aku selalu mengatakan itu saat aku mencoba belajar dari sebuah kisah.

Dari kisah satu dan kisah yang lainnya, aku bisa mengerti kenapa itu terjadi kepada masing-masing orang, karena Tuhan sudah menentukan kisah untuk masing-masing hamba-Nya. saat belajar dari kisah yang menyenangkan, aku mengerti bahwa mereka memang pantas mendapatkan itu karena apa yang telah mereka usahakan dengan segala keringat dan darah mereka. saat aku belajar dari kisah yang sedih, aku yakin bahwa Tuhan sedang mempersiapkan derajat yang lebih tinggi untuk mereka saat mereka berhasil melewati kisah itu.

mungkin kisah kita memang sudah ditentukan oleh Tuhan, skenario itu sudah ditetapkan, tapi Tuhan kita masih memberikan kesempatan untuk kita mengukir kisah itu dan menentukan kemana jalan cerita dan akhir ceritanya. meskipun tetap saja hanya Tuhan yang memiliki hak multak atas kisah kita semua. seru ya?

tidak seperti sinetron di televisi yang sudah ditentukan akhir ceritanya oleh sutradara dan skenarionya, aktor dan aktris hanya bisa berperan sesuai dengan yang telah ditentukan tapi tidak berhak memilih bila mereka tidak suka dengan perannya. karena hidup kita bukan sinetron tentu saja.

sama seperti saat Tuhan menunjukkan kepadaku kisah-kisah itu dengan cara-Nya, aku yakin bahwa Tuhan menunjukkan itu semua agar aku bisa belajar, belajar dari kisah-kisah itu tentang hidup. dan masih saja dan aku akan selalu percaya bahwa Tuhan tidak pernah KELIRU, Tuhan tidak pernah SALAH dan Tuhan selalu bekerja dengan cara-Nya yang terkadang misterius.

#beautiful morning

Leave a Reply

