bahagia itu pilihan

Bahagia Itu Pilihan

hari ini aku menanyakan kepada seseorang, apakah kamu bahagia? dia menjawab ‘setiap orang pasti akan selalu merasa kurang, tapi aku selalu berusaha untuk bahagia’, aku suka jawaban itu dan aku tahu kamu bahagia. saat kamu menanyakan balik kepadaku apakah aku bahagia, iya tentu saja aku bahagia karena kamu bahagia, bahagiaku adalah melihatmu bahagia. kedengarannya klise ya atau gombal sekali tapi itu yang aku rasakan. aku bahagia saat aku tahu kamu bahagia, itu saja.

bahagia itu bagaimana kita bersyukur, begitu mudah sepertinya ya, tapi pada kenyataannya mungkin tidak akan semudah itu. ya paling tidak untukku, bukan berarti aku tidak bersyukur, tapi tetap saja aku masih sering merasa iri saat aku melihat orang lain bahagia. ya paling tidak aku jujur, aku jauh dari sempurna. tapi aku belajar untuk bisa bahagia dan bersyukur dengan apa yang aku miliki sekarang.

setiap orang memiliki rejekinya masing-masing, di satu sisi mungkin orang lain lebih beruntung daripada aku, tapi di sisi lain, aku jauh lebih beruntung daripada orang lain. ya dan itu berlaku untuk semua orang, kita hanya tinggal belajar untuk tidak selalu melihat ke atas, namun kita juga harus bisa melihat ke bawah.

bahagia itu pilihan, kita sendiri yang bisa memutuskan apakah kita bahagia atau tidak, tidak seorangpun bisa menghalangi saat kita merasa bahagia karena bahagia datang dari hati. orang lain hanya bisa menjadi alasan atas kebahagiaan kita. begitupun dengan kita, separah apapun kita, yakinlah bahwa kita adalah alasan untuk orang lain merasa bahagia, ya paling tidak itu untuk kedua orang tua kita. ya kan?

jadi, bahagia atau tidak itu tergantung dari diri kita sendiri, saat kita memutuskan untuk bahagia maka kita akan bahagia, ya tentu saja kita butuh alasan untuk bisa bahagia dan salah satu alasannya adalah karena kita bersyukur atas apa yang kita miliki. dan akan lebih baik jika kita tidak menggantungkan kebahagiaan kita hanya pada satu hal saja, karena pada saat kita tidak lagi bisa memiliki hal itu, maka serasa kebahagiaan kita juga akan hilang, sangat sangat terpukul, sangat sangat sedih. dan mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mencari alasan lain untuk bisa bahagia.

semua orang berhak bahagia tentu saja, termasuk kamu dan aku. mudah-mudahan kamu selalu bahagia di sana, maka aku akan selau bahagia juga untukmu di sini. aku bahagia karena aku sudah menemukan alasan dan caraku sendiri untuk bisa bahagia, mudah-mudahan aku bisa selalu menemukan alasan untuk bisa bahagia, selain kebahagiaanmu tentu saja.

#happiness

Leave a Reply

