MVC di VFP 2 : database, tabel dan koneksi

ini adalah bagian ke 2 dari seri MVC di VFP, jika di bagian pertama kita telah membuat class entitas yang mereprestasikan tabel di database, sekarang di bagian ke 2 ini kita akan membuat database, tabel dan membuat connectionstring nya yang akan kita gunakan untuk meng-akses database tersebut. mari kita mulai …

saat ini saya menggunakan MS SQL server 2005, sebenarnya bisa juga menggunakan server database lain seperti mysql, oracle, postgresql dan lain-lain, hanya tinggal menyesuaikan dengan kebiasaan dan apa yang menurut anda paling nyaman dan aman untuk digunakan. sebentar, tiba-tiba saya sedikit mual … mungkin terlalu banyak merokok … saya bikin minuman dulu ya ….

baiklah, setelah minum dan menghabiskan rokok saya mari kita mulai lagi … jika kebetulan anda menggunakan MS SQL server juga, silahkan buka Microsoft SQL Server Management Studio, kemudian masukkan user id dan password anda seperti tampak pada gambar berikut :

konekserver

kemudian klik di bagian database di object explorer, klik kanan kemudian pilih menu new database …

newdatabase

tentukan nama database anda, jika ditutorial ini saya menggunakan nama database vfptutorial, dan tentaukan lokasi file .mdf dan .ldf untuk database anda, kebetulan saya menggunakan folder c:\me untuk menyimpan database saya.

newdatabase2

setelah database berhasil dibuat makan kita akan bisa melihat nama database vfptutorial di bawah folder database di object explorer. kemudian klik pada nama database vfptutorial, klik kanan dan pilih menu new table. maka kita akan disediakan satu tab baru di sebelah kanan untuk membuat tabel baru. untuk kita yang telah menggunakan VFP tentunya sudah tidak asing lagi dengan form seperti ini, karena saat kita membuat tabel di VFP pun hampir sama form nya dengan yang ada di SQL server ini. lalu buat isi field dan field type sesuai dengan class entitas yang telah kita buat di artikel sebelumnya dan hasilnya akan tampak seperti berikut :

tabelpribadi2

simpan table kita dan beri nama tabel kita ini dengan nama pribadi. setelah itu jangan lupa karena kita menggunakan field id dengan type int(autoincrement) maka field ini kita set sebagai kunci unique untuk tabel ini, adapun caranya, arahkan fokus ke field id, lihat properties di bawah tabel, cari properties isIdentity dan set menjadi yes. kemudian simpan kembali.

isidentity

nah sekarang kita telah memiliki tabel pribadi di database vfptutorial, maka sebelum kita melangkah ke tahap berikutnya, kita akan membuat connectionstring nya terlebih dahulu untuk kita gunakan mengakses database tersebut dari VFP. adapun connectionstring tersebut adalah sebagai berikut :

cstring = “driver={SQL Server};server=inspiron-pc;uid=sa;pwd=12345;database=vfptutorial;”

isi userid dan password sesuai dengan setting di ms sql server anda masing-masing ya. kemudian kita bisa membuat satu program kecil untuk melakukan test koneksi ke server, yaitu sebagai berikut :

*// program : koneksi.prg
*// author : shes12
*// date : januari 2013
*// purpose : test koneksi ke server

cstring = “driver={SQL Server};server=inspiron-pc;uid=sa;pwd=12345;database=vfptutorial;”
nhandle = SQLSTRINGCONNECT(cstring)

IF nhandle > 0
MESSAGEBOX(“Sukses koneksi ke server !”,64,”Info”)
ELSE
MESSAGEBOX(“Gagal koneksi ke server !”,64,”Info”)
ENDIF

IF nhandle > 0
SQLDISCONNECT(nhandle)
ENDIF

simpan dengan nama koneksi.prg, kemudian jalankan. apabila tidak ada masalah maka akan muncul kotak pesan seperti di bawah ini yang menandakan bahwa kita sudah bisa terhubung dengan server.

sukseskoneksi

setelah semuanya selesai, maka kita bisa melangkah ke proses berikutnya yaitu pembuatan class koneksi dan class modelpribadi untuk tutorial kita kali ini.

stay tuned ya !

One thought on “MVC di VFP 2 : database, tabel dan koneksi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s