yahoo messenger compatible in ubuntu 12.04 (gyachi)

setelah classic menu sudah terpasang, bisa sedikit bernafas lega, akhirnya akses ke aplikasi dan ke setting system di ubuntu bisa terasa begitu familiar. oke, aplikasi berikutnya yang akan kita install adalah yahoo! messengger …. hmmm but wait, this is linux bro … so, yahoo! messenger ga akan bisa di install di linux karena sudah berbeda platform operating system. tapi tenang, bukan open source namanya kalo ga ada aplikasi compatible yang bisa digunakan sebagai pengganti aplikasi yahoo messenger yang terkenal itu.
sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca dan menerima protokol yahoo messenger, ada pidgin, emphaty, miranda IM, meebo, trillian, gyachi dan lain sebagainya. tapi dari yang saya tahu, gyachi lah yang sudah support video call dengan yahoo messengger, oleh karena itu pada posting kali ini kita akan bahas cara instalasi gyachi di ubuntu 12.04.
gyachi adalah gyach enhanced yahoo! client for linux operating system, artinya aplikasi klien yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan yahoo messenger di sistem operasi linux. adapun project gyachi sendiri bisa ditemukan di sini, dan untuk bisa menginstall ke ubuntu 12.04 sebelumnya kita harus menambahkan ppa:adilson/experimental di software sources ubuntu. untuk menambahkan ppa tersebut, dapat dilakukan dengan cara :
buka ubuntu software center, kemudian di menu atas (aplikasi ini ada memiliki pull down menu sebagaimana aplikasi biasanya), di menu edit – software sources.
kemudian pilih tab other software kemudian klik add, tambahkan ppa:adilson/experimental, dan simpan. tunggu sampai proses penambahan repositori tersebut selesai.

setelah selesai menambahkan repositori tersebut, maka langkah berikutnya adalah standard dari instalasi aplikasi di ubuntu 12.04, yaitu :

sudo apt-get update
sudo apt-get install gyachi

setelah proses instalasi selesai, maka kita dapat membuka aplikasi gyachi dari classing menu maupun unity dash milik ubuntu 12,04.

GYachE-improved

selanjutnya kita tinggal masukin user id yahoo dan password kita, trus login … masuk deh …

oh iya, untuk fasilitas video cam, ada di menu gyachi jadi buka menu untuk mengundang temen untuk melihat camera kita atau meminta ijin melihat camera temen.

linux itu ga menakutkan koq, ya selama kita konek sama internet hehehe …

semoga bermanfaat.

sumber : http://handytutorial.com/install-gyachi-yahoo-messenger-in-ubuntu-12-04/

2 thoughts on “yahoo messenger compatible in ubuntu 12.04 (gyachi)

  1. gan udah beres install tp kenapa tetep ga bisa saja ya loginnya, padahal user id dan password dah bener tp tetep saja selalu dianggap password ga bener.gmn solusinya ya gan??mohon infonya…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s