bertanya dengan baik dan benar di FORUM pemrograman di internet

Sebagai seorang programmer, saya tahu dan paham gimana panik dan susahnya saat kita merasa sudah ‘mentok’, udah ‘stuck’, udah ‘buntu’ dan ga tau harus gimana lagi caranya, tapi selama saya masih memiliki akses ke internet maka saya akan jauh merasa lebih tenang, paling tidak saya masih bisa berusaha berjibaku googling sana googling sini atau mem-post masalah saya di forum pemrograman terkait dengan harapan bahwa saya akan mendapatkan jawaban dari mereka yang pernah memiliki masalah yang sama atau tahu solusi dari masalah pemrograman yang saya miliki.

Forum merupakan wadah komunikasi antar para pengguna untuk bisa saling bertanya dan saling membantu memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi. Bisa jadi apa yang tidak terlintas di pikiran kita tapi terlintas di pikiran orang lain, jadi forum seperti halnya ajang untuk berdiskusi dan berkonsultasi.

Oleh karena itu, bertanya di forum seperti di atas menjadi sangat penting. Cara kita bertanya akan menentukan orang lain yang membaca pertanyaan kita bersimpati untuk menjawab atau tidak. bisa jadi sebenarnya banyak orang yang tahu solusi dari masalah kita, tapi karena cara bertanya kita yang salah maka orang lain menjadi enggan atau merasa illfeel dengan pertanyaan kita. jangan salah boss, itu hak mereka, mereka tidak berkewajiban menjawab pertanyaan anda jika dirasa pertanyaan anda tidak layak untuk dijawab, meskipun dirasa layak untuk dijawab sekalipun, mereka tidak punya kewajiban untuk menjawab jika mereka tidak mau, karena di forum tersebut tidak ada ikatan kewajiban menjawab setiap pertanyaan yang ada.

Di sini akan terlihat budaya dan kedewasaan kita sebagai pengguna forum, mulai dari tata bahasa yang digunakan, cara bertanya, cara menjelaskan masalah dan cara menjawab pertanyaan. forum yang bagus akan meng-closed post anda jika dirasa cara anda bertanya atau topik yang anda tanyakan salah. Ini untuk mencegah bahasan pertanyaan tersebut menjadi melebar kemana-mana dan tidak fokus dan anda tidak boleh sama sekali protes, karena itu merupakan hal admin yang menentukan rules dari forum tersebut. jika dan merasa tersinggung dan tidak suka, ya sudah tidak usah bertanya di forum tersebut, simple … sederhana.

Forum itu juga tidak akan kehilangan hanya karena anda tidak post pertanyaan di sana, masih banyak mereka yang bisa berkomunikasi dengan baik di forum tersebut. dan berikut saya coba untuk berbagi tentang cara bertanya dan menjawab di forum seperti itu, saya ambil contoh adalah forum pemrograman karena basic saya adalah programmer, saya akan coba berbagi dari kacamata penanya dan penjawab.

Ask - Creative Commons

1. Pilih forum yang tepat
ini sederhana tapi sangat vital, jadi usahakan mem-post masalah anda di forum yang tepat. beberapa forum menyediakan beberapa kategori, pilih kategori yang tepat atau mendekati. jika ternyata tidak bisa menemukan, anda masih bisa bertanya dengan diawali dengan [OOT] yang maksutnya Out Of Topic yang menginformasikan bahwa pertanyaan anda di luar topic yang ada.

2. Googling dulu secara maksimal sebelum bertanya
Usahakan bahwa anda sudah googling dulu sebelum bertanya, dengan keywords yang sesuai, buka satu persatu link hasil googling tersebut, coba semaksimal mungkin untuk mengerti dan memahami dulu. jika memang sudah benar-benar mentok, baru anda mencari forum untuk mem-post pertanyaan anda. tapi ada baiknya anda persiapkan bahan-bahannya, screenshot jika memungkinkan.

3. Jelaskan masalah yang anda hadapi dengan jelas, tapi tidak bertele-tele.
Jelaskan masalah anda dengan jelas tapi jangan bertele-tele, mungkin alurnya bisa seperti ini : jelaskan apa yang sedang anda ingin buat, lalu masalah yang timbul dan apa yang anda harapkan dari solusi yang akan diberikan. Dengan begitu orang lain akan lebih mudah memahami apa yang ingin anda sampaikan. Contoh pertanyaan yang baik :

Salam para master, saya sedang membuat aplikasi untuk absensi di kantor saya, pada saat saya membuat method validasi, terjadi error sebagai berikut :

berikut adalah screenshotnya, saya ingin method tersebut memvalidasi id karyawan di tabel master karyawan.
terima kasih sebelumnya atas bantuan para master.
salam

dan contoh pertanyaan yang kurang baik :

saya ingin membuat program absensi, bantuin dong! (ini nanya ape nyuruh ape ngemis?)

ada yang tahu cara membuat program absensi kantor ? (ada pasti, tapi males banget kan ngasih taunya … udah ketahuan asal nanya tanpa googling dulu)

tolong buatin code buat program absensi dong ( berani bayar berape bro??)

program absensi saya error, gimana dong solusinya? ( ya ga usah diterusin kalo error, suruh manager cari programmer lain !)

dan lain sebagainya.

Jadi jangan salahkan jika pertanyaan anda tidak ditanggapi atau malah ditanggapi dengan tidak respect, karena mungkin cara anda bertanya yang salah.

mari bertanya dengan baik dan benar !

mudah-mudahan bermanfaat.