Usahalah …

doa-dan-usaha

Beberapa waktu yang lalu, kebetulan pada saat itu sedang berada di jamaah sholat Jum’at jika saya tidak salah ingat. Khotib berkhutbah dan menceritakan sebuah kisah bahwa Sahabat Umar ra pernah suatu waktu hendak mengerjakan sholat dhuha di masjid seperti biasanya, dan dilihatnya di dalam masjid ada seorang pemuda yang juga sedang melaksanakan sholat dhuha, dalam hati sahabat Umar ra sangat kagum dan bersyukur. Kemudian, setelah sahabat Umar ra selesai mengerjakan sholat dhuha, beliau keluar dari masjid dan melanjutkan kegiatan beliau.

Saat sahabat Umar ra hendak melaksanakan sholat dhuhur di masjid, masih dilihatnya pemuda yang sama masih berada di masjid sedang berdzikir, dalam hati Umar ra berubah menjadi kesal, dan kemudian beliau berkata kepada pemuda tersebut ‘Alloh SWT tidak akan menurunkan dinar dan dirham dari langit, kamu harus mengusahakannya dengan berikhtiar.’

dari kisah tersebut kita bisa mengambil pelajaran bahwa doa itu harus disertai dengan ikhtiar untuk mendapatkan apa yang kita hajatkan. meskipun tidak jarang Alloh SWT memberikan anugerah dan kasih sayang-Nya kepada kita meski kita tidak memintanya dalam doa-doa kita, misalnya nikmat bernafas, nikmat hidup, nikmat sehat dan lain sebagianya.

jadi USAHALAH … dan setelahnya tutup dengan doa meminta kepada Alloh SWT agar semua ikhtiar kita mendapat ridho dari Alloh SWT dan menjadi jalan bagi kita mendapatkan apa yang kita hajatkan. Bahkan ketika kita kecil dan belajar untuk bisa naik sepeda saja kita harus berusaha belajar, saat kita hendak belajar berjalan saja kita juga musti berusaha belajar berjalan, saat kita ingin agar dapat lulus ujian sekolah, kita pun juga harus belajar untuk mengiringi doa-doa kita tentu saja.

raihlah duniamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan raihlah akhiratmu seakan-akan kamu akan mati esok hari.

itu adalah kata-kata yang seharusnya bisa dipegang oleh setiap kita dalam menjalani hidup, bahwa semuanya butuh keseimbangan, dan pengimbang doa adalah ikhtiar. saat ikhtiar sudah kita lakukan dan doa sudah kita panjatkan, maka kesabaran dan tawakal adalah hal berikutnya yang harus kita lakukan, dengan keyakinan bahwa Alloh SWT tidak akan pernah mengingkari janji-Nya dan Alloh SWT mengabulkan semua doa. (*syarat dan ketentuan berlaku).

Tulisan ini adalah pengingat, pengingat untuk diri saya sendiri bahwa segala sesuatu memang HARUS diusahakan, bukan hanya sekedar DIDOAKAN. mudah-mudahan juga bisa menjadi pengingat untuk kita semua.

Tidak ada yang sia-sia dari usaha yang tulus, karena apapun hasil akhirnya akan tetap membaikkan bagi yang mengusahakan.

begitupun dalam memilih pasangan atau jodoh seperti yang banyak orang bilang. Itu juga HARUS diusahakan, tidak hanya DIDOAKAN. usahakan mengenal dengan lebih seksama, mudah-mudahan Alloh SWT membantu dalam proses itu, dengan menunjukkan segala sesuatunya dengan jelas di depan mata kita sehingga tidak akan ada keraguan sedikitpun di hati kita untuk mengambil keputusan.

so, jangan menyerah ya !! tetap semangat dan BERUSAHA !!

sukses untuk kita semua !

#beWise #beSmart #beYourSelf