Pilihan dan Resiko

Pagi ini, kembali beberapa pengendara sepeda motor menerobos jalur busway dan kembali seperti hari-hari sebelumnya, saat hampir sampai di perempatan mampang prapatan (persis sebelum flyover) mereka kelabakan karena melihat ada beberapa petugas polisi yang sudah sibuk memberikan tilang kepada pengendara lain yang sudah terlanjur tertangkap basah melanggar peraturan lalu lintas. ada yang balik kanan, ada yang mencoba mengangkat sepeda motor nya melewati pembatas, ada yang mencoba mengangkat pembatasnya apakah bisa digeser atau tidak … ahhh kasihan juga ya melihatnya.

Saya tahu pasti mereka memiliki alasan tersendiri sehingga memilih untuk melakukan itu, dan mudah-mudahan saja alasan itu cukup pantas jika dibandingkan dengan resiko tertangkap basah dan terkena tilang dari petugas kepolisian. yang tentu saja pada akhirnya harus membayar denda atau dengan konsekuensi yang lain. Saya tidak akan memperdebatkan pilihan mereka, karena itu akan menjadi urusan pribadi dan bisa jadi sangat subjectif sekali. Silahkan saja, itu pilihan mereka tapi yang pasti setiap pilihan memiliki konsekuensi.

Saya juga tidak akan menghubung-hubungkan ini dengan elite politik, partai, pemkot, kepolisian atau pemerintah yang mungkin dianggap tidak becus dalam menyediakan sarana prasana jalan atau transportasi untuk rakyatnya, saya tidak akan kesana karena hanya akan menjadi lingkaran setan yang tak berujung pembahasannya dengan pro dan kontra tentu saja dengan semua itu. tapi yang saya garis bawahi adalah, SAAT KALIAN MEMUTUSKAN UNTUK MELANGGAR PERATURAN LALU LINTAS, DAN DITINDAK SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU, GAK USAH SOK PROTES DAN MENCARI KAMBING HITAM ATAU MENYALAHKAN ORANG/PIHAK LAIN. KALIAH SALAH !! DAN TERIMA KONSEKUENSINYA … ITU LEBIH TERHORMAT MENURUT SAYA.

Jadi kembali lagi, apapun alasan mereka melakukan tindakan itu, silahkan saja. saya cuma berharap mereka siap dengan segala konsekuensinya. kalo mau bicara macet dan lama untuk bisa sampai tujuan, saya yakin banyak lagi orang Jakarta yang juga mengalami hal yang sama, tapi mereka tetap memilih untuk berada di jalur yang seharusnya kan? jadi ini murni pilihan kalian, dan resiko juga hanya dibebankan kepada kalian.

Saya tak ingin menghujat atau menyalahkan satu sama lain karena mungkin saja ini salah bersama, tapi saat peraturan coba untuk ditegakkan ya itu tetap peraturan. jika ada yang bilang, tapi ini tidak adil, kenapa hanya saat tertentu dan hari tertentu atau hanya di daerah tertentu dan tidak diterapkan di semua tempat??, kalo menurut saya, ini adalah hari apes kalian. itu saja. tidak usah mencari pembenaran untuk menutupi kesalahan, kalian melanggar peraturan lalu lintas, itu salah. cukup. dan jika saja ada konsekuensinya ya silahkan diterima dengan lapang dada, salahkan diri kalian sendiri dan lain kali coba untuk tidak mengulanginya lagi.

ayolah sodara-sodaraku, kita bisa lebih baik lagi menghadapi dan menjalani kehidupan ini. berhenti menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam, jika memang menurut kita tidak benar, ya ditegur saja (tapi pastikan kita punya dasar dan bisa menunjukkan bagaimana yang benar dan seharusnya). jika tidak mau menegur, ya paling tidak jangan ikut-ikut berbuat melakukan kesalahan yang sama.

menyalahkan orang dan mencari kambing hitam hanya akan membuat diri kita tampak KERDIL dan KECIL, tampak PICIK dan CEMEN dan PENGECUT.

yuk, mulai dari diri kita masing-masing berusaha untuk bisa menjadi contoh yang baik untuk yang lainnya. (ini juga pasti tentu saja termasuk diri saya sendiri).

ini adalah tulisan yang tujuannya mengingatkan diri sendiri dan sodara-sodara yang lain, tanpa tendensi untuk menyalahkan atau menghujat atau mendeskritkan pihak-pihak tertentu. jika ada kata-kata yang sekiranya termasuk dalam kategori tersebut di atas, mohon feedbacknya supaya bisa saya perbaiki.

#me #beSmart #beWise

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s