Step by Step Bikin Aplikasi (bukan CODING-nya)

Sengaja tulis post ini untuk rekan2 yang baru memulai membuat atau mengembangkan aplikasi untuk diri sendiri, Tugas Akhir (TA), Skripsi atau untuk dijual ke klien tapi development nya sendirian atau tidak butuh team dan user acceptance test dan lain sebagainya. intinya membuat aplikasi sendiri dan sederhana.

Sebelum membuat aplikasi ada baiknya kita tentukan dulu,
? mau buat aplikasi apa
? apa saja feature-nya
? menggunakan database apa
? menggunakan bahasa pemrograman apa

itu adalah hal-hal dasar yang harus ditentukan sebelum membuat aplikasi, supaya pada saat pembuatannya nanti tidak ada perubahan signifikan mengenai hal-hal tersebut di atas, contohnya setelah dibuat menggunakan visual foxpro kemudian di tengah jalan ganti dari awal dibuat lagi dengan visual studio. nanti jadi tidak selesai-selesai.

setelah ditentukan maka dimulai lagi dengan hal-hal yang lebih teknis, seperti menentukan :
– diagram alur dari programnya
– form apa saja yang akan dibuat
– tabel apa saja yang dibutuhkan
– bagaimana relasi antar tabel
– jika perlu, buat lebih dahulu mockup tampilannya

jika memang masih banyak yang perlu dipelajari sampai step ini, ya bersabar dulu … pelajari, cari resource di google, forum pemrograman, contoh program, baca help dan lain sebagainya.

jikapun harus bertanya ke forum, ya mulai tanya dengan acuan di step mana anda mulai bingung atau kehilangan arah dalam pembuatan aplikasi ini.

setelah ditentukan seperti di atas, sekarang anda sudah mulai bisa coding, mulai dengan :
– membuat database
– mengisi data dummy
– membuat project
– membuat form
– membuat menu
– membuar report
– dan lain sebagainya

dengan bantuan diagram alur yang sudah anda siapkan, seharusnya anda tidak akan kehilangan arah dan tahu mana yang harus dikerjakan dulu dan mana yang harus dikerjakan setelahnya.

jika pada saat proses coding ternyata anda mentok atau stuck, coba cari di dokumentasi help aplikasi. atau coba googling dengan keyword error yang anda dapatkan. dan jika itu juga belum menjadi solusi, coba bertanya di forum dengan pertanyaan yang jelas. mulai dari menjelaskan apa yang hendak anda buat, bagaimana anda membuatnya, lalu apa kendalanya dan apa error nya.
jika perlu, zip file (sebagian) pekerjaan anda dan upload. supaya member forum bisa mendownload dan mencoba menganalisa sebenarnya coding mana yang salah.

tapi yang perlu disadari di sini adalah, setiap programmer memiliki style yang berbeda, jadi ada kemungkinan anda akan menerima solusi dalam style yang berbeda, setelah itu terserah anda, mau mengikuti style itu atau anda terapkan logic nya dengan menggunakan style anda sendiri.

jadi jangan terburu-buru saat belajar pemrograman, semua ada proses nya dan programmer-programmmer lain juga pasti pernah menjalani proses yang sama.

tetap semangat, dan bangga menjadi programmer !

#me #programmer