Aplikasi Rumah Sakit

Diantara aplikasi-aplikasi yang pernah aku bangun baik yang sendirian maupun bersama dengan team. Aplikasi Rumah Sakit lah yang entah kenapa masih menyisakan penasaran tersendiri untukku sebagai seorang programmer. Bukan masalah apa-apa, aku hanya tak habis pikir bahwa proses business logic yang sebenarnya tidak terlalu rumit, tapi dalam implementasinya bisa menjadi begitu pelik.

Dan itu aku alami sendiri saat menjadi programmer tunggal dalam proses pembangunan aplikasi rumah sakit, mulai dari depan (registrasi) sampai dengan belakang (keuangan). Aplikasi yang seharusnya bisa diimplementasikan dalam beberapa bulan, membutuhkan waktu 2 tahun untuk bisa terimplementasi, meskipun itu juga belum ideal. hmmm … aku mulai berpikir bahwa ini adalah masalah human resource dan bukan masalah program.

Tapi sebagai seorang programmer, tentu saja pernah terfikir bahwa mungkin aplikasi yang aku bangun masih begitu ‘tampak’ rumit untuk mereka. entahlah, tapi berangkat dari pemikiran itu aku berniat untuk bisa membuat aplikasi rumah sakit yang seharusnya bisa mementahkan alasan pengguna atau user yang mengatakan bahwa aplikasi nya terlalu sulit dan rumit. itu tantangan tersendiri untukku, sebagai seorang programmer.

Karena ini merupakan project pribadi, maka aku sendiri tak memasang target yang ketat, saat aku punya waktu luang dan tidak sedang bersama dengan keluargaku tercinta, aku akan gunakan waktuku untuk belajar, dan membangun project pribadiku ini. tapi aku berharap bahwa tahun ini, aplikasi itu bisa rampung dan selesai. paling tidak bisa digunakan secara umum.

Tahapan-tahapan yang aku lakukan dalam membangun aplikasi ini juga aku coba untuk melakukannya dengan tahapan yang benar, mulai dari design business rules, design database, mockup sampai dengan coding nantinya. Seiring dengan itu, aku akan mencoba berbagi pengalamanku dalam membangun aplikasi ini di blog dan di sosial media. Dengan harapan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Diawali dengan bacaan basmallah … Bismillahirrohmanirrohiim.

#me #programmer