Aku pernah bisa, sekarang pun pasti bisa !

Dalam hidup kita pasti telah melewati berbagai macam halangan dan rintangan, berbagai macam cobaan dan ujian. entah itu ujian yang berupa kesedihan atau ujian yang berupa kebahagiaan. Jika ujian itu berupa kebahagiaan, mungkin akan jauh lebih mudah untuk dijalani, tapi jika cobaan itu adalah kesedihan, butuh perjuangan lebih untuk bisa melewatinya, dan mungkin karena itu juga ujian berupa kesedihan akan meninggalkan kesan yang lebih dalam dalam ingatan kita.

Kehilangan orang yang kita cintai adalah salah satunya, kehilangan itu bisa karena memang dia pergi untuk selamanya karena meninggal dunia atau dia pergi karena memang harus pergi, tapi apapun tak akan ada yang bisa mengingkari bahwa pernah ada sesuatu yang pernah dimiliki bersama, pernah ada banyak moment yang dilewati bersama, pernah ada saling berbagi dan saling mendukung yang dilakukan sepenuh hati bersama.

Berat?? pastinya, dan mungkin pernah terbesit atau terfikirkan bahwa kita tidak akan pernah mampu melewatinya sendirian, tapi percaya saja bahwa apa yang diberikan kepada kita adalah sesuai dengan kemampuan kita, tidak lebih, oleh karena itu kita pasti akan dapat melewatinya. Terasa begitu berat pada awalnya, ya tentu saja. sama sekali bukan hal mudah untuk dijalani saat harus tak lagi bisa kontak dengan orang yang kita cintai.

Aku juga dulu pernah berada dalam posisi seperti itu, butuh waktu berbulan-bulan untuk benar-benar menyakinkan diri bahwa memang ini yang harus terjadi dan harus dijalani. berdamai dengan keadaan, berusaha melihat dari sisi yang paling terang dan akhirnya … ya, AKU BISA !

Bagaimana? karena aku selalu berusaha menanamkan di dalam pikiranku bahwa yang paling penting adalah orang yang kita cintai bahagia, betul kan? toh juga saat bersama-sama dengan kita, itu juga tujuan utama kita bukan? membuat orang yang kita cintai bahagia. Dan sekarang saat dia bisa berbahagia meski tidak bersama kita lagi, kenapa tidak ? tujuannya masih tetap sama, membuat orang yang kita cintai bahagia dan kita ikut berbahagia saat melihatnya.

Dan itu berhasil, aku bisa pada akhirnya. Tak pernah lagi berusaha untuk mengungkit kembali semua yang pernah kita miliki bersama, menyimpan semua itu dengan sangat rapih dalam-dalam. meski satu kali atau dua pernah juga terlintas saat melihat benda-benda atau kejadian yang mengingatkan aku dengan masa-masa itu, ya anggap saja itu nostalgia kecil, dan aku masih bisa tersenyum saat mengingatnya.

Jika dulu aku pernah bisa, sekarang pun pasti bisa ! itu yang aku coba untuk bisa tanamkan di pikiranku setiap saat, bahwa memang ini yang harus terjadi dan ini yang harus dijalani. Tak mudah?? pasti. tapi paling tidak mudah-mudahan ini adalah keputusan yang paling tepat. Jika memang masih banyak yang terlintas, ya itu butuh proses. menyibukkkan diri dengan pekerjaan dan hal-hal yang lain mungkin akan sangat membantu untuk melewati semua ini.

semua yang pernah ada masih begitu kental terasa, masih bisa mengingat aromanya bahkan. tapi itu wajar, seiring berjalannya waktu, semua juga pasti berlalu. berdamai dengan keadaan dan melihat ini semua dari sisi yang paling terang. itu saja.

Berbahagialah, karena aku di sini berbahagia juga untukmu !

#me

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s