solving problem key is identifying the problem itself

Paling tidak menurutku begitu, kunci dari pemecahan masalah adalah identifikasi terhadap masalah itu sendiri, proses identifikasi ini menjadi penting karena hasil dari identifikasi ini yang akan menentukan metode atau pendekatan terbaik yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah. Jika proses identifikasi ini tidak maksimal, sudah bisa diprediksi bahwa pemilihan solusi juga tidak akan maksimal pula.

Input = Output, itu yang dikerjakan oleh program. Program bekerja berdasarkan input yang diberikan. jika input nya tidak valid, maka output nya juga tidak bisa dipastikan valid. ini bukan tentang manipulasi data yang bisa dilakukan oleh program saat melakukan proses, dari data yang tidak valid menjadi valid … bukan tentang hal tersebut, tapi lebih ke tentang jika input yang diberikan itu tidak lengkap atau salah, maka hasil proses dari program juga akan salah. Program berjalan hanya sesuai logika yang ditanamkan kepada mereka saja, dan mereka memberikan respon sesuai dengan logika tersebut. selebihnya, akan diabaikan.

Manusia bukan program, punya kemampuan membuat program, punya kemampuan untuk menganalisa masalah juga. Jadi seharusnya manusia bisa melakukan identifikasi masalah dengan lebih baik daripada program. Proses identifikasi sendiri diawali dengan pemahaman akan lingkup masalah itu sendiri, supaya bisa mendapatkan gambaran umum tentang apa sebenarnya yang akan diidentifikasi. Jika dari awal sudah tidak memiliki pemahaman tentang masalah yang akan diidentifikasi, maka akan sangat mungkin jika proses identifikasi berikutnya menjadi lebih tidak terarah, karena tidak bisa memilah masalah dan hal-hal yang di luar masalah tersebut.

Kita ambil contoh dalam proses pengembangan aplikasi misalnya, identifikasi masalah itu sangat penting karena akan menentukan bagian mana dari aplikasi yang akan dilihat kembali dan mungkin saja diperbaiki, jika identifikasi masalah ini saja sudah salah, maka bisa jadi bagian dari aplikasi yang diubah juga salah. Setelah itu kita bisa lebih mengecilkan lagi masalah tersebut menjadi daftar proses yang dilakukan oleh bagian dari aplikasi tersebut (atau selanjutnya akan kita sebut sebagai modul).

Setelah diketahui daftar dari proses apa saja yang dilakukan oleh modul tersebut dan apa saja yang dibutuhkan oleh modul tersebut maka selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih dalam bagaimana proses itu seharusnya berjalan dan kenapa sampai terjadi masalah di proses tersebut. Ruang lingkup dari analisa ini pasti sudah jauh lebih kecil dari sebelumnya, karena hanya fokus kepada proses yang mengalami masalah saja. Setelah didapatkan penyebab masalah dari proses yang ada di modul tersebut, maka kemudian bisa dilakukan pencarian pendekatan terbaik untuk membuat proses tersebut bisa kembali normal seperti seharusnya.

Mungkin saja hanya ada kesalahan di entry data, atau tidak lengkapnya input yang diberikan, atau memang ada proses di dalam modul itu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Setelah didapatkan pendekatan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut maka selanjutnya bisa dilakukan eksekusi modifikasi terhadap modul tersebut sesuai dengan pendekatan yang sudah diputuskan.

Proses ini panjang, dan tidak mudah. Saya yakin seratus persen tentang hal itu, jadi butuh orang dengan kemampuan yang lebih untuk bisa mengerjakan proses identifikasi dan analisa masalah seperti itu. Belum lagi ada hal-hal yang harus berkaitan dengan user atau manajemen yang seringkali juga tidak konsisten, dan itulah peran penting dalam mengambil keputusan untuk menuruti atau menganulir permintaan dari user atau manajemen jika memang tidak sesuai dengan cara yang benar.

Daftar dan penjelasan tentang masalah yang terjadi dapat digunakan sebagai daftar pemeriksaan penyelesaian masalah. Dari sekian item yang ada di dalam daftar, sudah berapa yang bisa terselesaikan dan yang belum terselesaikan.

right man for the right job akan selalu menjadi awal yang baik !

mudah-mudahan tulisan ini tidak membosankan dan bermanfaat untuk semua !

#me #myself

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s