Resiko atau Konsekuensi?

hmmm … kadang kedengarannya hampir sama ya? atau memang hampir sama? hehehe ya ga papa, kita juga ga akan membahas tentang perbedaan dari resiko atau konsekuensi dari segi bahasa koq. Tapi aku akan coba buat nulis tentang resiko dan konsekuensi itu dari pengalaman hidup, dan kehidupan sehari-hari, dari hal-hal yang biasa kita temui setiap saat.

Jika ternyata saat kita mau berangkat kerja lalu jalan yang biasa kita lalui banjir, dan kita terpaksa mengambil jalan memutar yang tentu saja jaraknya lebih jauh itu termasuk resiko atau konsekuensi ?? kalo nurut aku sih itu konsekuensi, karena sudah pasti dan mau ga mau kita harus mengambil jalan itu.

Jika ternyata kita mengambil uang di ATM yang berada di daerah rawat copet, dan jika kita ternyata kecopetan itu resiko atau konsekuensi?? kalo urut aku sih itu resiko. Karena belum tentu juga kita pasti kecopetan. Pilihan kita untuk mengambil uang di ATM yang berada di daerah rawat copet ya memang kecopetan, tapi bukan berarti pasti kecopetan.

Jadi, resiko atau konsekuensi?? konsekuensi itu jika kita sudah pasti tidak punya pilihan lain selain menerima dan menjalaninya, sedangkan resiko itu jika kita punya kesempatan untuk menerima sesuatu tapi belum tentu juga kita akan menerima sesuatu dari keputusan yang kita ambil.

Dalam kehidupan sehari-hari juga kita pasti sering berhadapan dengan konsekuensi dan resiko, entah itu untuk hal-hal yang kecil atau untuk hal-hal yang besar dan prinsip. Untuk hal-hal yang kecil mungkin tak terlalu menjadi masalah, kalaupun kita terlalu berani mengambil resiko efeknya juga tidak akan terlalu besar untuk kita. Misalnya kita berniat makan sambal karena sedang pengen makan sambal hari itu, maka kita akan punya resiko mules setelahnya, tapi kan belum tentu juga kita bakal mules? tapi karena mungkin hanya mules resikonya, jadi kita tidak terlalu pusing untuk mempertimbangkannya. ya sudah, makan saja !

Dalam pekerjaan misalnya, kita juga akan sering dihadapkan dengan resiko dan konsekuensi. resiko mendapat komplain dari pelanggan, atau konsekuensi merugi saat terjadi sesuatu dengan barang-barang dagangan kita yang menjadi rusak dan tidak bisa dijual kembali. Resiko sukses dengan pekerjaan yang baru, maupun konsekuensi harus lebih bekerja keras saat ternyata pekerjaan baru memiliki situasi yang berbeda dengan yang sekarang.

Tapi untuk hal-hal yang besar, seperti memutuskan untuk mencintai seseorang. seharusnya kita tahu bahwa resiko dari mencintai seseorang itu adalah kecewa dan sakit hati. Karena kita mencintai seseorang itu pake hati, jadi wajar jika ternyata kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan lalu kita sakit hati. Tapi kan belum tentu juga akhirnya jadi sakit hati kan? siapa tahu juga akhirnya indah, bisa menikah dan berbahagia selama-lamanya seperti yang ada di dalam buku cerita?? who knows?

Saat kita sudah mengetahui resiko dari segala sesuatu di awal dan mempertimbangkannya, kemudian kita memutuskan untuk menjalaninya ya bersiap-siap saja jika ternyata resiko yang kita perkirakan terjadi. Jadi kita tidak akan terkejut menerimanya. Perkara tidak mudah menerima resiko itu lain soal, tidak semua orang bisa meng-handle sakit hati, tidak semua orang bisa mensikapinya dengan bijaksana, itu manusiawi. Karena kita manusia dan memiliki emosi.

Perlu banyak belajar dan bersabar, tapi bukankan itulah proses kita menuju kedewasaan?? Aku pun masih belajar, paling tidak aku berusaha untuk bisa melihat seseorang dari sisi yang paling baik, sehingga saat ternyata aku tak lagi bersamanya, aku akan mengingat hal-hal baik yang ada padanya dan bukan hal-hal buruk, karena jika hanya hal-hal buruk yang aku ingat, maka kebencian yang akan hadir berikutnya.

Padahal perasaan dulu waktu masih mesra juga dijalanin dengan sepenuh hati kan? enggak pura-pura kan? jadi kenapa saat sudah tidak lagi bisa bersama trus jadi benci?? ga inget masa-masa dulu pernah mesra?? ya itulah kita, manusia. lagi-lagi emosi yang akan menentukan respon yang akan kita ambil dalam menghadapi sesuatu.

Jadi, resiko atau konsekuensi? hadapi saja, setiap hal pasti ada resiko dan konsekuensinya. entah itu enak atau tidak enak. akan selalu ada harga yang harus dibayar !!

mudah2an bermanfaat !

#me #beWise #beSmart

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s