Thank you for being such of good listener

Sebagai manusia biasa yang diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial, maka kita pasti membutuhkan orang lain di dunia ini. Sebaliknya, kita juga butuh untuk merasa dibutuhkan oleh orang lain. Jadi, ada perasaan senang dan bahagia tersendiri saat kita bisa berarti untuk orang lain dan ada perasaan bahagia juga saat ada yang bersedia ada untuk kita. It’s win-win solution and it’s just as simple as that.

Saat sedang menghadapi masalah atau persoalan hidup terkadang kita akan merasa begitu berat beban yang ada di pundak kita, merasa begitu sendirian menghadapi semua. Tapi ketika ada seseorang yang bersedia ada untuk kita meski itu hanya sebagai pendengar yang baik atas segala cerita tentang permasalahan kita, itu sudah sangat membantu. Kita pasti setuju jika saat kita memiliki persoalan atau unek-unek dan pada saat kita sudah bisa menceritakannya kepada orang lain, entah kenapa ada perasaan lega setelahnya. Meski itu tidak membuat semua masalah dan persoalan kita menjadi selesai begitu saja.

Tak masalah, tapi paling tidak saat kita sudah bisa merasa lega, dan dada kita juga tidak lagi penuh sesak dengan beban yang sedari tadi menghimpit, maka akan ada ruang untuk semangat dan rasa syukur di dalam diri kita. Dan itu yang akan membuat kita menjadi lebih siap untuk menjalani dan mencari solusi untuk setiap masalah yang datang menghampiri.

Itulah sebabnya kita juga diciptakan oleh Tuhan berpasang-pasangan, supaya kita bisa saling berbagi. supaya pada saat penat menghampiri kita bisa saling melepaskan beban yang ada dengan saling bercerita dan bertukar pikiran bersama. Saling memberi dan saling menerima … hmmm indahnya. Kebayang kan?

Tak ada masalah yang tak bisa selesai saat komunikasi yang baik masih bisa dilakukan, dan sebaliknya tak ada masalah yang tak bertambah buruk saat komunikasi yang baik sudah tak lagi bisa dilakukan. Pentingnya komunikasi ini juga terkait dengan pentingnya kita bisa menjadi pendengar yang baik untuk orang lain, sebagaimana orang lain juga menjadi pendengar yang baik untuk kita.

Dan malam ini, aku ingin berterima kasih untukmu yang telah berusaha dan menjadi pendengar yang baik untukku. Aku hargai semua itu … terima kasih. Mudah-mudahan entah kapan dan dimana, aku bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa menjadi pendengar yang baik juga untukmu.

Once again, Thank you for being such of good listener.

#me

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s