Competitor should not be an Enemy !

Kenapa? bukankah Competitor itu adalah saingan? bukankah itu artinya mereka adalah musuh kita? kenapa Competitor tidak seharusnya jadi musuh? maksudnya apa? Jawabnya adalah ya karena mereka memang bukan musuh sebenarnya. Mereka seakan-akan jadi musuh karena pola pikir kita yang menempatkan mereka sebagai musuh. itu saja, dan sebenarnya juga jika kita melakukan itu maka justru kita sendiri yang akan merugi. Tulisan ini berusaha untuk memberikan gambaran sederhana tentang semua itu. Mudah-mudahan bermanfaat !

Dalam kehidupan kita tidak sendirian, ada berjuta-juta manusia lainnya juga yang juga hidup di dunia ini. Dengan berbagai macam profesi dan pekerjaan, serta berbagai macam bisnis dan kemampuan. Terima dulu fakta itu, bahwa profesi atau pekerjaan kita adalah bukan satu-satunya di dunia ini. Persaingan sudah pasti ada, sekecil apapun itu.

Saya seorang programmer, dan di luar sana juga jutaan orang memiliki profesi sebagai seorang programmer juga. Mereka mengerjakan berbagai macam proyek, yang boleh jadi sama atau sejenis dengan proyek yang sedang saya kerjakan. Tapi apakah mereka semua harus saya anggap sebagai musuh? Jika demikian maka waktu saya akan habis untuk mencari jalan supaya saya bisa menjatuhkan mereka satu-persatu dan membuat saya sebagai satu-satunya pemenang dan programmer yang mendapat proyek di dunia ini. Dan jelas itu MUSTAHIL !

Jadi, kenapa saya harus membuang energi dan pikiran saya untuk menjatuhkan orang lain? Lebih baik energi dan pikiran saya, saya gunakan untuk meningkatkan kualitas diri saya sebagai seorang programmer supaya saya bisa memberikan hasil yang memuaskan untuk para klien saya. Lihat kan? ini diawali dari pola pikir yang salah terhadap mereka yang kita anggap sebagai musuh.

Setiap kita lahir di dunia sudah disertakan rejeki oleh Tuhan, hanya saja kita yang harus berusaha sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan apa yang telah disediakan oleh Tuhan. Boleh jadi, jika ternyata kita memang berusaha dengan sebaik mungkin, rejeki yang semula hanya biasa-biasa saja bisa menjadi luar biasa jika memang Tuhan berkehendak, ya kan?

Mulai ubah pola pikir kita tentang mereka yang selama ini kita anggap sebagai musuh. Jangan jadikan mereka sebagai musuh atau saingan yang harus dijatuhkan. Tapi, anggap mereka sebagai inspirasi, pembelajaran bagi kita tentang apa saja nilai-nilai baik yang mereka bisa miliki tapi kita belum bisa miliki, atau apa saja nilai-nilai tidak baik dari mereka yang harus kita hindari ada pada diri kita sendiri. Bukan juga berarti kita harus sama persis dengan mereka, kita menerapkan nilai-nilai baik itu sesuai dengan kondisi dan kemampuan kita tentunya.

Di dalam satu kantor pun demikian, jika kita menganggap teman se-kantor menjadi musuh kita, maka kita akan sibuk untuk mencari celah bagaimana caranya supaya teman kita tersebut terlihat jelek di mata pimpinan misalnya, atau yang lebih parah lagi kita berusaha menjelek-jelekkan teman kita hanya agar orang lain ikut menilai jelek terhadapnya. Jika saja kita tahu bahwa itu hanya membuang energi dan waktu kita, belum lagi itu juga akan menutup jalan kita untuk bisa menjadi lebih baik. Daripada melakukan semua itu, kita lebih baik bekerja sebaik mungkin, menunjukkan prestasi yang gemilang dalam pekerjaan kita. Dengan begitu, andai saja kita tidak begitu dihargai di kantor tersebut, bisa jadi ada kantor lain yang akan menghargai kita lebih. siapa tahu? percaya saja.

Pola pikir ini seharusnya bisa diterapkan di mana saja, di kantor, di lingkungan masyarakat, di lingkungan bisnis, di sekolah, di kampus, di mana saja persaingan bisa terjadi. Atau mungkin juga di dalam keluarga, tentu saja persaingan yang sehat dan menuju ke hal-hal yang baik yang semestinya kita lakukan.

Menjadikan diri kita lebih berkualitas tidak akan pernah salah, fokus membangun diri untuk menjadi yang lebih baik dari hari ke hari tidak akan pernah sia-sia. Jadi, berhenti menganggap Competitor kita sebagai musuh, dan mulai belajar dari Competitor kita dan fokus menjadikan diri kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu dan lihat apa yang akan terjadi …. hit ! #hmmm berasa kaya siapa gitu hehehe …

#me #beSmart #beWise

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s