Peluang atau Kesempatan ?

Lagi-lagi dua kata yang sering kita dengar dan mungkin juga sering kita gunakan. Lalu kenapa harus dibahas di sini? ya tidak apa-apa, siapa tahu tulisan ini akan bisa jadi bermanfaat untuk yang membacanya. Dan kalaupun sudah paham dan sudah tahu tentang keduanya ya tidak rugi juga kan? Kali ini saya ingin menulis tentang peluang dan kesempatan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita keluar dari rumah untuk berangkat kerja menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi, pasti ada peluang bahwa kita akan terjebak macet di jalan dan telat sampai kantor. Yang seperti itu menurut saya adalah peluang, bukan kesempatan.

Jika kita sedang memantau tiket kereta api untuk pulang ke kampung misalnya, dan ternyata di sana sudah tidak ada lagi tiket yang bisa di booking, tapi beberapa menit kemudian kita melihat kembali dan ternyata sekarang sudah ada tiket yang bisa di booking ( entah karena ada pembatalan dari orang lain ), maka kita buru-buru melakukan booking untuk tiket tersebut. Yang seperti ini menurut saya adalah kesempatan, meskipun kita juga punya peluang untuk tidak berhasil atau berhasil.

Jadi, peluang atau kesempatan ? Peluang adalah saat itu masih jadi kemungkinan, masih dalam perhitungan atau masih dalam gagasan dan belum tentu terjadi dan belum tentu bisa diambil. Saat kita berangkat bekerja, jika punya peluang untuk terlambat datang ke kantor, tapi saat kita menunggu di busway shelter, dan saat bus datang hanya ada 1 tempat lagi yang bisa terisi kemudian kita memiliki kesempatan untuk mengambilnya, itu namanya kesempatan.

Kesempatan sudah ada di depan mata, menunggu kita untuk memutuskan akan mengambilnya atau tidak. Meskipun saat kita mengambil kesempatan itu juga akan ada peluang bahwa kita tidak berhasil atau pun berhasil. Tapi yang jelas peluang dan kesempatan itu berbeda.

Cari atau ciptakan peluang untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari, setelah menemukan peluang itu maka peluang itu akan berubah menjadi kesempatan, menunggu kita untuk mengambil action terhadapnya. Bukan berarti setiap kesempatan harus diambil juga, pertimbangkan segala sesuatu yang akan menjadi resiko dan konsekuensi dari keputusan itu. Setelah benar-benar yakin, baru kita membuat keputusan.

so, itu peluang dan kesempatan … !! semangat !

#me #beWise #beSmart

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s