Kita jauh dari sempurna, tapi bukan berarti tak bisa Indah kan?

Apakah ada orang yang bisa sempurna di dunia? tentu saja jawabnya adalah TIDAK. Tapi jika apakah ada orang yang MERASA paling sempurna di dunia? jawabnya adalah ADA, Banyak bahkan mungkin. Dan jika pertanyaannya adalah apakah ada orang yang merasa hidupnya sudah sempurna? Jawabnya juga pasti ada, dan bahkan banyak mungkin. Jadi Merasa Sempurna dalam ketidak sempurnaan itu relatif, tergantung kepada diri kita masing-masing.

Dianggap tidak sempurna atau bahkan jauh dari sempurna tidak menjadikan kita lantas hina bukan? juga tidak serta merta menjadikan mereka yang mengatakan itu menjadi sempurna juga. Jadi, tidak usah membuang energi dan tenaga kita untuk mempermasalahkan siapa yang lebih sempurna atau siapa yang jauh dari sempurna. Lebih baik energi itu digunakan untuk menerima ketidaksempurnaan dari orang-orang yang kita sayangi agar tetap menjadi sempurna untuk kita dan melengkapinya dengan ketidaksempurnaan kita.

Dalam hidup, kata orang jawa adalah ‘wang sinawang’ yang artinya kita hanya melihat sisi luar dari seseorang, yang bisa jadi itu mengaburkan dan tidak sesuai dengan apa yang dirasakan oleh orang tersebut. Siapa yang tahu bahwa mereka yang terlihat begitu bergembira di sosial media, facebook, twitter, path, bbm dan lain sebagainya padahal mereka justru sedang mengalami kesedihan yang begitu dalam?? siapa yang tahu?

kita hanya melihat orang lain dari sisi yang paling luar, kecuali saat kita benar-benar mengenal orang tersebut dan berada dekat dengan keseharian orang-orang tersebut, bisa jadi kita bisa benar-benar mengerti dan memahami apa yang sedang mereka alami. Jadi, apa yang kita lihat belum tentu sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi dan dialami.

Jadi tak ada alasan untuk kita memiliki rasa iri terhadap kesuksesan orang lain, atau merasa senang apabila orang lain ternyata tidak bisa sukses seperti kita. Karena bisa jadi, jauh di dalam sana keadaan itu bisa berbalik 180 derajat.

Aku dikelilingi oleh mereka yang tak sempurna, atau mungkin jauh dari sempurna. Aku tidak sama sekali tidak keberatan dengan semua itu, justru aku makin bersyukur. Mudah-mudahan dengan ketidaksempurnaan itu aku bisa menjadikan mereka merasa sempurna, begitupun dengan diriku sendiri.

Setidaksempurna apapun mereka, mereka adalah orang-orang yang aku sayangi, mereka adalah harga yang paling berharga dalam hidupku. Aku hidup untuk bisa membuat mereka merasa sempurna, semampuku.

Dan mungkin kita jauh dari sempurna, tapi bukan berarti tak bisa indah kan?

dedicated to: orang-orang yang aku sayangi

#me