it’s not about you, it’s about me

Memang begitu kenyataan yang ada bahwa ini bukan tentang kamu atau kalian, tapi ini tentang saya. Tentang saya dan pilihan saya untuk melanjutkan hidup dengan cara yang saya anggap terbaik untuk saya dan orang-orang yang saya sayangi. Jadi jangan salah paham, it’s not about you, it’s about me.

Aku selalu bersyukur bahwa aku selalu dipertemukan dengan orang-orang yang luar biasa baik kepadaku. Meskipun ada juga yang tidak baik tapi aku tetap bersyukur karena aku begitu yakin kehadiran mereka memiliki maksud tersendiri yang telah ditentukan oleh Tuhan. Entah untuk menghukumku, entah untuk mengingatkanku, entah untuk menegurku … entahlah. Tapi aku selalu berusaha untuk bisa mengambil pelajaran dari setiap orang yang datang dan pergi dalam kehidupanku.

Dan aku ingin mengingat mereka yang baik-baik saja, dan aku punya alasan tersendiri kenapa aku melakukan semua itu. Saat aku mengingat mereka yang baik, aku selalu bisa bersyukur bahwa Tuhan mengirim mereka untuk membuat hidupku demikian indah dan bermakna, dan saat aku mengingat mereka yang tidak baik, aku takut jika nanti aku menjadi pendendam dan aku tidak mau menjadi seorang pendendam. itu saja.

Ada saat-saat dimana kita dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah, antara kebaikan orang lain dan kebaikan untuk keluarga misalnya. Saat harus memilih satu di antaranya maka itu sama sekali bukan satu hal yang mudah untuk dilakukan, tapi pada akhirnya kita memang harus memilih juga. Dan aku pasti akan memilih kebaikan untuk keluargaku tanpa berniat untuk mengesampingkan kebaikan orang lain juga.

Aku bawa mereka semua dalam doa, mudah-mudahan semua kebaikan mereka mendapatkan balasan yang jauh lebih baik dari Tuhan, dan aku sangat yakin bahwa memang begitulah adanya yang terjadi.

Ada pertemuan, pasti juga ada perpisahan. Tapi jikapun memang harus berpisah, aku selalu ingin bisa mengakiri setiap kisah dengan akhir yang bahagia. Meskipun aku pernah gagal beberapa kali dengan itu, tapi tak ada salahnya jika aku berusaha untuk tidak gagal lagi kali ini. Jikapun ternyata kembali gagal, aku yakin bahwa semua pasti ada hikmahnya.

jadi, ini bukan tentang kamu atau kalian, tapi ini tentang aku. it’s not about you, it’s about me.

#me