Kehilangan dengan cara yang indah

Memang ada cara kehilangan yang indah? bukankah semua kehilangan itu pasti menyedihkan ya? maksudnya kehilangan dalam hal yang baik. Kehilangan sesuatu atau seseorang, pasti bukan satu hal yang indah sama sekali, tapi kadang-kadang saat kita bisa menyadari bahwa memang itulah cara yang terbaik, maka bisa jadi kehilangan itu adalah cara indah Tuhan untuk memberikan kita pesan dan pelajarannya.

Dalam hidup akan ada begitu banyak orang yang datang dan pergi, begitulah hidup adanya. Kita bisa datang dan pergi di kehidupan seseorang dengan meninggalkan kenangan indah maupun kenangan pahit. Seringkali kenangan pahit itu jauh lebih kuat bertahan di memori kita daripada kenangan indah, itulah sebabnya saat kita harus kehilangan seseorang dalam hidup kita dengan cara yang tidak indah, maka kenangan pahitlah yang mendominasi pikiran kita sehingga muncullah rasa benci kepada orang tersebut.

Tapi jika saja kita kehilangan seseorang dengan cara yang indah, maka bisa jadi kenangan indahlah yang akan mendominasi pikiran kita dan menjadikan kita lebih banyak mengingat hal-hal yang baik dari orang tersebut daripada mengingat hal-hal yang buruk. Tapi ya, itu juga tergantung kepada diri kita sendiri yang menentukan sikap terhadap kehilangan tersebut.

Ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Itu hukum alamnya, jadi suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, kita pasti juga akan berpisah dengan mereka yang kita pernah bertemu. Ada yang berpisah karena tak lagi sejalan dan satu visi, ada yang berpisah karena dipisahkan oleh maut, ada yang berpisah karena saling menyakiti, begitu banyak cara untuk berpisah dan tentu saja ada cara yang indah dan cara yang tidak indah.

Aku pernah mengalami keduanya, dan dari mereka lah aku belajar tentang kehilangan. Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa kehilangan itu adalah cara Tuhan untuk menunjukkan bahwa mungkin memang hal itu yang terbaik yang bisa kita terima, atau justru menunjukkan kita bahwa Tuhan telah mempersiapkan yang lebih baik di depan sana untuk kita. Entahlah, itu rahasia Tuhan tentu saja.

Aku kehilangan pendamping hidup dengan cara yang tidak begitu indah, tapi aku masih berharap bahwa kehilanganku itu bisa aku ubah menjadi kehilangan dengan cara yang indah. Mudah-mudahan saja. Aku kehilangan orang yang mencintaiku dengan cara yang indah, aku harus berpisah dengannya karena memang tidak ada cara lain selain itu. Tapi itu adalah kehilangan dengan cara yang indah.

Aku juga yakin bahwa di depan sana, akan ada kehilangan-kehilangan lainnya yang mungkin juga indah tapi juga mungkin tidak indah. Aku hanya berdoa dan berharap bahwa jika aku harus kehilangan maka aku ingin kehilangan dengan cara yang indah.

#me