Hahaha rada-rada kontroversial ya judulnya, buat yang anak kuliahan jangan langsung emosi dulu. Baca selengkapnya dulu biar tahu apa sebenernya yang ingin disampaikan oleh penulis.

Pekerjaan butuh kemampuan seseorang untuk bisa selesai, bukan IJASAH. karena memang begitu faktanya boss, pekerjaan ga bakal selesai dengan baik meski dikerjain oleh mereka yang punya ijasah setinggi apapun tapi tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Bukan berarti ijasah tidak penting boss, jangan salah paham dulu. ini bukan persoalan ijasah penting atau tidak penting. tapi soal pekerjaan dan gimana supaya pekerjaan itu selesai dengan baik. Banyak perusahaan atau hampir seluruh perusahaan merekrut calon karyawannya berdasarkan ijasah tertentu, ya itu sah-sah saja, dan bukan satu hal yang bisa disalahkan. Dan jika itu terasa tidak adil bagi sebagian mereka yang tidak memiliki ijasah, ya dunia berjalan dengan cara seperti itu boss, jika kita tidak bisa menempati tempat yang diluar kuasa kita ( butuh ijasah ), ya pilihannya hanya minggir dan mencari tempat yang bisa menerima kita tanpa melihat ijasah.

Jangan salahkan dunia, apalagi sampai menyalahkan orang tua karena tidak bisa membiayai kita sampai kuliah dan kita memiliki ijasah. Ijasah bukan segala-galanya boss, banyak business owner yang justru tak berijasah tapi karyawannya berijasah mentereng semua. Jadi jangan patah semangat !

Buat yang berijasah tinggi, bersyukur saja boss, lihat sisi baiknya. Kita diberikan kesempatan untuk merasakan kuliah. Orang lain mungkin hanya bisa memimpikannya tapi kita diberikan kesempatan untuk bisa merasakannya dan malahan bisa sampai lulus dan mendapatkan ijasah.

Balik lagi soal pekerjaan, yup. pekerjaan butuh skill dan kemampuan untuk bisa diselesaikan, dan itu tidak tergantung dengan ijasah. Jadi jika ada perusahaan yang ijasah minded dan banyak pekerjaan karyawannya tidak beres, ya … it’s your own faults !

Right man for the Right jobs, meski bisa dikondisikan dan diasah terlebih dahulu kemampuan seseorang untuk bisa akhirnya menyelesaikan satu pekerjaan tapi itu masalah lain. pointnya tetap sama. Pekerjaan butuh kemampuan untuk bisa selesai dan bukan Ijasah !

Yang masih kuliah, belajar dengan sebaik-baiknya, manfaatkan kesempatan untuk bisa kuliah dengan baik. Yang tidak sempat atau tidak bisa merasakan kuliah, belajar ototidak atau asah kemampuan diri sendiri supaya bisa tetap berkompetisi dan berkarya serta bermanfaat untuk orang lain.

be wise, be smart and be happy !

based on a little conversation with one of the best person in my life !
thank you Pak Tony