Bercerai itu tidak baik, sama sekali tidak baik. Satu-satunya yang diperbolehkan tapi sangat dibenci oleh Tuhan. Mungkin salah satunya adalah karena dampak dan akibat yang ditimbulkan dari perceraian itu akan sangat buruk bagi yang bersangkutan maupun orang-orang di sekitarnya. terutama jika sudah memiliki buah hati atau anak. Anak-anak lah yang akan lebih banyak menerima imbas dari perceraian itu. Tapi, kita itu makhluk yang diciptakan Tuhan paling sempurna kan? diberikan akal untuk berfikir dan diberikan hati untuk menimbang dan memilih. Jadi bukan tidak mungkin sekalipun itu bukan hal yang mudah, bercerai bisa tetap dilakukan dengan cara yang baik dan dewasa.

Karena sudah tidak ada lagi chemistry atau kecocokan di antara, maka saat komunikasi sudah tidak lagi bisa membantu, saling berpegang teguh dengan ego masing-masing, menganggap bahwa apa yang dilakukan adalah yang paling benar, maka tidak ada lagi cara untuk menyelesaikan selain berpisah. Karena jika diteruskan pun, bukan tidak mungkin justru akan semakin bertambah parah dan menyakitkan.

Anak-anak bagaimana ? mereka akan tetap menjadi anak-anak kita, karena tidak ada yang namanya mantan anak, atau mantan orang tua. yang ada itu adalah mantan istri atau mantan suami. Andai saja kita mau mengedepankan kepentingan anak, maka perpisahan seharusnya tidak akan mengurangi rasa dan keinginan kita untuk tetap membuat anak bahagia. Tidak semua anak-anak yang kedua orang tuanya bercerai menjadi anak yang bengal dan berantakan sebagaimana juga tidak semua anak-anak yang kedua orang tuanya tidak bercerai akan menjadi anak yang baik dan sholeh.

Tidak ada yang pasti di dunia ini, tapi anak-anak kita lahir sudah membawa rejeki, jodoh dan maut nya sendiri dari Tuhannya. Kita berkewajiban untuk mempersiapkan mereka agar dapat menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. Bukan menjadi beban untuk mereka.

Sakit hati, fine ! itu wajar dan sangat manusiawi tapi saat itu dilampiaskan kepada anak-anak maka sangat kerdil dan kecil sekali jiwa kita. Mereka tahu apa, mereka hanya perlu tahu bahwa kedua orang tuanya sayang kepada mereka, apapun yang terjadi, meskipun mereka tidak lagi bersama. that’s it !

Jadi, jadikan semua ini pelajaran dan bekal mengarungi hidup yang ada di depan sana. Jadikan ini penguat diri kita bahwa tak semua hal pasti akan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Mudah-mudahan bisa menjadikan kita lebih dewasa, menjadikan kita manusia yang lebih baik.

Sekali lagi, bercerai bukanlah satu hal yang baik, sama sekali tidak. Tapi, saat tidak ada lagi jalan keluar yang bisa dilalui bersama, maka bisa jadi bercerai adalah solusi satu-satunya asal dilakukan dan dijalani dengan DEWASA.

kadang kita harus berhenti mencintai seseorang, bukan karena orang itu berhenti mencintai kita, tapi karena kita tahu bahwa dia akan lebih bahagia jika kita melepaskannya