Data Management dan Document Management

Punya kesempatan untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan besar yang mengimplementasikan berbagai teknologi terkini dalam perusahaan mereka adalah pengalaman yang sangat berharga, dan itu yang sedang aku jalani. Mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang penerapan teknologi-teknologi tersebut dalam kasus nyata. Dan kali ini ingin berbagi tentang perbedaan Data Management dan Document Management.

Data Management mengolah segala data yang berhubungan dengan manajemen sebagai nilai. Artinya segala sesuatu ada type data dan nilainya. Misalnya, produksi bulan ini 1000 ton, atau penjualan bulan ini 2000 unit dan lain sebagainya. Semua ada nilai dan satuannya.

sedangkan Document Management adalah pengolahan dokumen yang dilakukan secara digital sehingga memiliki kemampuan untuk menelusuri kembali perubahan-perubahan yang terjadi di dalam dokumen tersebut dalam bentuk revision history. Jadi dokument management lebih ke transfer dokument fisik ke bentuk digital kemudian untuk setiap revisinya dicatat history perubahannya sehingga dapat diketahui kapan, siapa dan apa yang diubah dari satu revisi ke revisi berikutnya.

Dan sebagai seorang programmer, kita harus bisa menentukan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan klien sebagai solusi dalam perusahaannya, apakah data management atau document management. Setelah itu kita bisa menentukan teknologi apa yang paling tepat untuk diimplementasikan sebagai solusi.

RDBMS atau Relational Database Management System cocok untuk kebutuhan data management. Aplikasi yang berbasis pengolahan data yang berupa nilai yang di simpan di dalam server database akan menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan data management. Aplikasi tersebut antara lain : MS Visual Foxpro, MS. Visual Studio, Java, Lazarus, C++ dan lain-lain untuk kebutuhan aplikasi berbasis dekstop. sedang untuk aplikasi berbasis web dapat menggunakan teknologi PHP, Javascript, Java Web Service, .Net, .ASP dan lain-lain.

Enterprise Content Management adalah salah satu teknologi yang cocok digunakan sebagai solusi dalam kebutuhan document management. Karena teknologi tersebut lebih mengutamakan pengolahan dokumen secara digital dengan pencatatan perubahan dari dokumen tersebut secara historikal. Beberapa teknologi yang termasuk kategori ECM adalah Alfresco, Pentaho, SharePoint, Documentum, OpenText dan lain-lain.

jadi, jangan sampai salah pilih ya ! right tools for the right job !!

mudah-mudahan bermanfaat.

@almatins

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s